BENDUNGAN BATUTEGI – LAMPUNG

SurganyaPariwisataIndonesia - Bendungan Batutegi, siapa sih yang gak tau bendungan batutegi yang terkenal sebagai bendungan terbesar seasia tenggara. Jika belum tau, artikel ini akan sedikit memberikan informasi tentang bendungan yang konon katanya terbesar di asia tenggara itu.




Bendungan batutegi merupakan salah satu tempat pariwisata di provinsi lampung yang sudah sangat terkenal. Batutegi terletak di kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, lokasinya jauh dari pusat kota kabuaten tanggamus dan juga pusat kota provinsi, untuk sampai ke bendungan batutegi jika dari pusat kota provinsi lampung memerlukan waktu tempuh hingga 1,5 sampai 2 jam perjalan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat karena jaraknya sekitar 85 km. Jalan menuju kelokasi bendungan sudah bagus, jalannya sangat mudah untuk dilewati kendaraan bermotor maupun mobil.

Batutegi awalnya hanyalah bendungan biasa yang digunakan oleh para petani untuk mengaliri lahan pertaniannya, lama kelamaan jaman semakin modern dibuatlah bendungan yang tujannya memberikan banyak manfaat, alhasil bendungan buatan jepang dan jerman ini memberikan banyak manfaat, diantaranya manfaat luar biasa untuk daerah Lampung karena bendungan tersebut dapat dijadikan tempat berwisata yang sangat asik, selain sebagai tempat wisata bendungan ini juga digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air yang sekarang hasilnya bisa untuk menerangi provinsi lampung.



Bendungan yang diresmikan oleh Presiden RI ke 5 Ibu Megawati Soekarnoputri pada tanggal 8 maret 2004 ini memang sangatlah besar, tidak heran jika bendungan ini menjadi bendungan terbesar di Asia tenggara karena luasnya genangan airnya saja sampai 16 km2 dan memiliki volume normal 687,767 juta meter kubik.


Bendunga ini menawarkan keindahan pemandangan yang sangat luar biasa, luasya hamparan air, dan pemandangan sekitar air yang masih hijau, karena bendungan batutegi dibuat di daerah pegunungan yang mana bendungan ini dibangun dengan menyatukan 2 buah bukit besar yang ditengahnya dialiri sungai besar yang masih sangat bersih dan jenih, air sungai besar yang mengalir di tengah bukit itu kemudian dibendung sampai ketinggian bukit yang sangat besar, dan airnyapun mengenangi dan menutupi bukit bukitan kecit yang ada.


Proses pembuatan bendungan ini memekan banyak korban karena kabarnya tertimpah alat yang digunakan untuk mengecor trowongan, besar diameter trowongan sampai puluhan meter dan panjangnya sampai ratusan meter, kabarnya jumlah yang meninggal karena kejadian ini sabanyak 13 orang pada proses pembuatan bendungan tahun 1998.


Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »