DANAU TOBA – SUMATRA UTARA

SurganyaWisataIndonesia - Danau toba berada di Sumatra utara indonesia, danau toba adalah danau terbesar yang ada di Indonesia, tak hanya di Indonesia saja danau toba juga danau terbesar yang ada di Asia tenggara. Danau toba mempunyai ukuran panjang sampai 100 kilo meter dan lebarnya sampai 30 kilo meter.


Danau Toba merupakan salah satu danau yang sangatlah terkenal di Indonesia, selain tempatnya yang indah menakjubkan di danau tersebut mengandung sebuah legenda, konon katanya pada jaman dahulukala di tempat tersebut ada seorang petani yang bernama toba, disana terdapat sebuah tempat untuk bercocok tanam yang subur, ditempat itu si toba bercocok tanam untuk kelangsungan hidunya, selain bercocok tanam toba selalu menyempatkan waktunya untuk memencing ikan di sungai yang keberadaanya tidak terlalu jauh dari tempat tinggalnya, di sungai tersebut toba saat memencing ikan selalu mendapatkan ikan dengan mudah karena sunggai masih sangat jernih dan masih banyak ikannya juga, hasil pancinagannya dia bawa pulang untuk dijadikan lauk. 

Suatu ketika dia mincing di sungai tersebut, tapi entah ada apa dia mincing tidak seperti biasanya, dia mincing susah sekali untuk mendapatkan ikan sampai sampai dia sangat kesal dan jengkel dan dia memeutuskan untuk pulang, tapi pas saat mau pulang tiba tiba umpan yang ada dimata pacingnya langsung disambar ikan, dan tobapun mengangkat pancingnya, dan akhirnya sebuah ikan besar terperangkap dalam mata pancingnya, dan sitobapun menjadi sangat senang karena mendapatkan ikan besar.


Setelah mendapatkan ikan si toba terus mandi dan pulang kerumah untuk segera memasak ikan tersebut, pas saat ikan mau dimasak tiba tiba ikannya sudah tidak ada, dan si tobapun bingung. Saat si toba bingung dia masuk dalam kamar tiba tiba aada sesosok perempuan cantik didalam kamarnya sedang menyisir rambut di depan cermin. Setelah itu perempuan cantik ini menjelaskan kepada toba bahwa sicantik ini dalah jelmaan dari ikan besar yang dia dapatkan saat memancinf disungai.

Setelah selang beberapa minggu perempuan cantik ini menerima ajakan toba dinikahi dengan syarat toba tidak boleh mengungkat ungkit asal usul perempuan cantik tersebut. Setelah menikah salama satu tahun sitoba dan perempuan cantik ini dikaruniai anak yang dia beri nama samosir, anak itu sangat pemalas orangnya, pada suatu saat dia disuruh ibunya untuk pergi ke ladang mengantarkan nasi untuk bapaknya, tapi nasi tersebut tumpah ditengah jalan dan menjadikan sitoba kesal dan jengkel kepada samosir dan sitoba keceplosan ngomong kepada anaknya jika dia anak ikan, setelah itu samosir pulang kerumah dan mengadukansemuanya kepada ibunya. 


Tiba tiba sungai yang ada didekat rumahnya banjir besar dan mengenangi semuanya, si toba hanyut ditengah luapan sungai, perepuan cantik inipun berubah menjadi ikan, dan luapan sungai itu menjadi sangat besar dan bertambah besar yang menjadikan tempat itu menjadi sebuah danau, Dan danau itu langsung diberi nama danau toba, dan pulau kecil yang ada di tengah danau tersebut diberi nama dengan pulau samosir. Begitulah cerita singkat mengenai danau toba.
Karena Keindahan dan cerita legenda itulah yang menjadikan Danau toba menjadi tujuan utama para wisatawan asing maupun local di Sumatra utara.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »